Resep Arem-Arem Ayam Mudah dan Lezat

Resep Arem-Arem Ayam Mudah dan Lezat – Arem-arem merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah sangat dikenal di masyarakat karena memang rasanya yang lezat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Arem-arem sendiri merupakan jenis camilan berat dimana makanan ini terbuat dari nasi yang ditengahnya terdapat isi dan dibungkus menggunakan daun pisang. Isi dari arem-arem sendiri cukup beragam mulai dari tahu, kentang hingga ayam. Arem-arem ayam merupakan salah satu jenis arem-arem yang paling digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Arem-arem yang memang digemari oleh semua kalangan dan sangat mudah ditemukan di Indonesia ternyata juga mudah dibuat dengan banyaknya pilihan resep arem-arem ayam. Anda bisa membuat arem-arem isi ayam yang lezat sebagai camilan yang mengenyangkan untuk keluarga Anda.

Meskipun arem-arem bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan ataupun di warung makan tentunya membuat arem-arem sendiri untuk keluarga akan memberikan kesan yang berbeda. Pemilihan bahan baku yang tepat akan membuat arem-arem buatan sendiri lebih bergizi dan aman. Arem-arem juga sangat tepat disajikan di tengah-tengah keluarga saat sedang berkumpul bersama atau bahkan disajikan sebagai jamuan untuk tamu. Anda bisa belajar membuat arem-arem ayam dengan resep arem-arem ayam yang mudah dan tidak ribet. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena membuat arem-arem tidak harus repot dan melelahkan. Anda hanya perlu menyiapkan bahan yang diperlukan dan mulai membuatnya.

mangcook.com

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Beras sebanyak 250 gram atau 1/4 kg sebagai bahan baku utama membuat arem-arem.
  • Santan dengan takaran yang sama dengan beras yaitu 250 ml sebagai air rebusan beras untuk arem-arem.
  • Daun salam sebanyak dua lembar untuk citarasa dan aroma pandan khas arem-arem.
  • Siapkan bumbu arem-arem yang terdiri dari bawang putih satu siung serta margarine sebanyak setengah sendok makan beserta garam.
  • Tahu sebanyak 150 gram atau secukupnya sebagai pelengkap isian ayam.
  • Tempe sebanyak 100 gram jika suka agar citarasa isian menjadi lebih kaya dan lebih nikmat.
  • Dada ayam yang dipotong dadu kecil-kecil sebanyak 100 gram
  • Bumbu untuk isian arem-arem terdiri dari 4 siung bawang putih serta 5 siung bawang merah dilengkapi dengan cabai merah.
  • Satu lembar daun salam untuk membuat isian lebih sedap dan harum
  • Lengkuas satu sendok makan dan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng isian arem-arem.
  • Santan sebanyak 25 ml untuk memasak isian ayam agar matang merata dan terasa gurih.
  • Jangan lupa sedikit garam dan penyedap rasa masing-masing setengah sendok teh untuk membuat rasa isian arem-arem lebih sempurna,

  1. Sebelum beras direbus dengan santan, rendam terlebih dahulu selama satu jam atau satu malam akan lebih bagus. Rebus santan hingga mendidih bersama bumbu arem-arem seperti daun salam, bawang putih yang digeprek terlebih dahulu, garam dan margarine ke dalam rebusan.
  2. Tambahkan beras dan didihkan kembali santan hingga susut namun jangan sampai gosong kemudian matikan dan tutup adonan arem-arem.
  3. Untuk membuat isiannya, suwir-suwir daging ayam kemudian goreng dengan tempe dan tahu sampai menjadi setengah matang.
  4. Cincang bawang putih dan putih sampai berwarna agak coklat kemudian tambahkan bawang merang, cabe yang sebelumnya diulek beserta lengkuas dan daun salam. Masak hingga harum.
  5. Tambahkan tahu, tempe dan ayam yang sudah matang ke dalam bumbu tersebut
  6. Matangkan isian dengan santan dan tambahkan bumbu penyedap rasa serta garam.
  7. Sekarang Anda bisa mulai membuat arem-arem dengan menggunakan daun pisang, ambil sedikit nasi arem-arem dan bentuk pipih diatasnya kemudian masukkan isian ayamnya.
  8. Bungkus daun pisang dan tutup menggunakan lidi.
  9. Kukus arem-arem yang sudah dibungkus selama kurang lebih 30 menit sebelum dinikmati.